Jumat, 29 April 2016

Hal yang Dapat Merusak Komputer

Komputer kini sudah menjadi benda yang umum. Setiap hari, Anda mungkin berhubungan dengan benda ini. Komputer dan Internet telah banyak membantu pekerjaan Anda. Kemudahan mencari informasi, melakukan berbagai transaksi keuangan, menyimpan atau mengolah data menjadi sesuatu yang tidak terlalu membebani. Tetapi, dibalik kemudahannya, ada berbagai ancaman yang dapat merusak data atau komputer Anda baik PC maupun laptop.

Ketika Anda mendapati komputer Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, misalnya komputer lambat, hang, data yang dicari hilang, tampilan yang mengganggu ketika sedang bekerja, Anda mungkin berkesimpulan komputer Anda terkena virus. Sebenarnya ada berbagai ancaman yang mengincar saat Anda bekerja dengan komputer dan internet. Ancaman ini dapat merusak data, komputer, bahkan mencuri data penting.


Berikut Hal yang Dapat Merusak Komputer:

1. Debu Yang Menumpuk
Dalam setiap penggunaannya, komputer selalu dilengkapi oleh kipas pendingin yang terdapat didalam casing komputer. Dengan berjalannya waktu, kipas yang berada didalam casing komputer ini pasti akan dipenuhi oleh debu atau kotoran lainnya yang tentunya akan mengganggu kinerja dari hardware komputer. Debu-debu itu berasal dari kotoran-kotoran yang diluar kemudian akan masuk kedalam komponen-komponen komputer. Debu yang menumpuk pada komponen komputer tentunya akan mengganggu kinerja dari komponen komputer tersebut dan juga dapat menurunkan performa komputer karena suhu dari hardware akan menjadi tidak stabil atau tidak terkendali. private komputer via online

2. Kabel Yang Rusak Atau Longgar
Hal ini juga menjadi salah satu penyebab rusaknya komputer. Kabel yang longgar atau bahkan rusak akan dapat mengancam keselamatan dari seluruh komponen-komponen komputer. Kok bisa gitu? karena hal seperti ini dapat membuka celah yang besar terhadap masuknya air, sehingga akan menyebabkan terjadinya konsleting pada komponen komputer.

3. Gangguan Karena Software
Software yang mengalami masalah juga akan dapat menyebabkan komputer rusak. Misalkan terdapat virus pada software tersebut atau serangan virus yang akan memakan resource yang besar serta akan mengaktifkan prosessor secara keras. Hal ini tentunya akan menyebabkan hardware menjadi cepat panas dan daya tahannya menjadi turun.

4. Listrik Yang Mati
maksud listrik mati disini adalah listik yang mati secara mendadak. Listrik yang mati mendadak akan dapat merusak perangkat keras (hardware) secara perlahan-lahan. Salah satu hardware yang akan rusak jika sering mengalami listik yang mati mendadak adalah harddisk. Harddisk sangat rentan terhadap listrik yang mati mendadak. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan UPS yang dapat menyimpan daya listik sementara. Sehingga jika listrik mati secara mendadak, komputer masih bisa dimatikan sebagaimana mestinya. Jangan sampai hal ini terjadi, karena apabila harddisk rusak, maka data-data yang ada didalamnya juga akan hilang. ilmu komputer

5. Komponen Hardware Yang Rusak
Komponen penyusun hardware sangat banyak, misalkan Hard Disk, DVD Rom, Motherboard, RAM, VGA Card, Sound Card dan lainnya. Taruhlah atau letakkan komputer kamu ditempat yang datar dan tentunya jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan menaruh komputer ditempat yang sangat tinggi, karena apabila terjatuh akan dapat menyebabkan beberapa komponen mengalami benturan. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata komponen komputer sangat sensitif terhadap benturan, misalkan harddisk dan DVD Rom.

6. Listrik Yang Tidak Stabil
Listrik yang tidak stabil juga akan menyebabkan beberapa komponen komputer menjadi cepat rusak, misalkan power supply dan motherboard. Jadi, untuk menghindari hal ini kamu bisa menggunakan stavol agar listrik yang mengalir kedalam komponen komputer menjadi lebih stabil.

Demikian Info yang dapat saya berikan mengenai Hal yang Dapat Merusak Komputer, semoga bermanfaat ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar