Senin, 11 April 2016

Pengertian Spreadsheet dan Mengenal Program Spreadsheet Yang paling populer dan banyak digunakan saat ini

Spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai dirubah, maka nilai yang lain juga perlu dirubah. Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Pada suatu spreadsheet, masing-masing nilai menempati suatu sel. Kita dapat medefinisikan tipe data pada sel dan hubungannya dengan sel-sel yang lain.
Pada komputer pribadi, spreadsheet merupakan software aplikasi yang penting terutama untuk keperluan kantor. Hampir semua program untuk aplikasi perkantoran menyertakan spreadsheet di dalamnya, misalnya MS Excel (Microsoft Office), Lotus 1-2-3 (Lotus SmartSuite), Quatro Pro (WordPerfect Office), Applixware Spreadsheet (Applixware), StarCalc (StarOffice), KSpread (KOffice), Gnumeric (Gnome Office), dan Siag (Siag Office). Selain itu ada beberapa program spreadsheet yang berdiri sendiri atau tidak masuk ke dalam kelompok suatu aplikasi perkantoran, misalnya abs, Xxl, Abacus, Maxwell's Lemur, GNU Oleo, sc (spreadsheet calculator), dll.


Berikut Program Spreadsheet Yang paling populer dan banyak digunakan saat ini:

1. Microsoft Excel
Microsoft mengembangkan Excel pada platform Macintosh selama beberapa tahun, dan kemudian porting ke Windows 2.0. Platform Windows 3.x dari awal 1990-an memungkinkan untuk Excel untuk mengambil pangsa pasar dari Lotus. Pada saat Lotus menanggapi dengan produk-produk Windows yang dapat digunakan, Microsoft telah mulai merakit Office suite mereka. Dimulai pada pertengahan 1990-an terus berlanjut sampai saat ini, Microsoft Excel telah mendominasi pasar spreadsheet elektronik komersial.


2.Open Source Software
Gnumeric adalah, program spreadsheet cross-platform gratis yang merupakan bagian dari GNOME Free Software Desktop Project. OpenOffice.org Calc dan LibreOffice Calc yang sangat erat kaitannya (dengan menggunakan lisensi LGPL) bebas dan open source spreadsheet.


3. Spreadsheet Berbasis Web
Dengan munculnya teknologi web canggih seperti Ajax sekitar tahun 2005, generasi baru spreadsheet online telah muncul. Dilengkapi dengan pengalaman pengguna yang kaya aplikasi Internet, yang terbaik berbasis web spreadsheet online memiliki banyak fitur yang terlihat pada aplikasi spreadsheet dekstop. Beberapa dari mereka seperti Office Web Apps, Zoho atau Google Spreadsheets juga memiliki multi-user fitur kolaborasi yang kuat dan / atau menawarkan update real time dari sumber terpencil seperti harga saham dan nilai tukar mata uang. Belajar Ilmu Komputer perkantoran


Beberapa Spreadsheet lain untuk berbagai platform:

  • Accel Spreadsheet from SSuite Office
  • Calligra Sheets (formerly KCalc)
  • CorelQuattro Pro (WordPerfect Office)
  • GS-Calc
  • iSpread untuk iPad, iPhone and iPod Touch
  • Kingsoft Spreadsheets
  • Mariner Calc is Mariner Software‘s spreadsheet software untuk Mac OS.
  • Calc XLS is Mariner Software‘s spreadsheet software untuk iOS.
  • Numbers is Apple Inc.‘s spreadsheet software, untuk iWork.
  • ZCubes-Calci
  • Kingsoft Office Android
Demikian Pembahasan Mengenai Pengertian Spreadsheet dan Mengenal Program Spreadsheet Yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. semoga dapat bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar