Rabu, 16 Maret 2016

Macam-macam aplikasi dalam sebuah perkantoran


Aplikasi administrasi perkantoran adalah aplikasi atau perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu menangani masalah administrasi perkantoran di tempat kerja seperti untuk membuat surat, membuat proposal, membuat laporan keuangan, presentasi kerja, dll.

Aplikasi perkantoran yang umum digunakan adalah aplikasi atau piranti lunak pengolah kata (Wordprocessor), aplikasi pengolah angka (Spreadsheet) dan aplikasi pengolah presentasi (Presentation).

Berikut ini Beberapa aplikasi Microsoft Office yang biasa digunakan dalam sebuah perkantoran:

1. Microsoft Office Word
Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.


2. Microsoft Office Excel
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.          

3. Microsoft Office Power Point
Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.


4. Microsoft Office Outlook
Microsoft Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan  bagian dari suite Microsoft Office. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

Berikut ini Aplikasi yang Ada dalam sebuah perkantoran Selain Microsoft Office di atas:

Open Office adalah software aplikasi perkantoran yang biasa dipakai dalam sistem operasi Linux. Tapi sebenarnya, Open Office bisa juga kita pakai pada sistem operasi Windows. Open Office dilengkapi fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office, yaitu pengolah kata, spread sheet, penyaji presentasi, dan fitur lainnya.
Open Office ini terdiri dari :

1. OpenOffice.org Writer
OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.

Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
Fungsi OpenOffice.org Writer ini hampir sama dengan MicrosoftOffice Word

2. OpenOffice.org Calc
Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik. Fungsi OpenOffice.org Calc ini hampir sama dengan MicrosoftOffice Excel. Kursus komputer perkantoran

3. OpenOffice.org Impress
Openoffice.Org Impress atau dikenal dengan sebutan IMPRESS saja adalah Perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dan media interaktif.  Fungsi OpenOffice.org Impress ini hampir sama dengan MicrosoftOffice Power Point

4. OpenOffice Base
Openoffice.Org Base atau dikenal dengan sebutan BASE saja adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini


Demikian Ulasan Mengenai Macam-macam aplikasi dalam sebuah perkantoran, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar