Selasa, 15 Maret 2016

Manfaat Komputer Dalam Bidang Bisnis



Pada dasarnya, komputer tidak mengandung nilai dalam dirinya sendiri. Kebermaknaan komputer sangat tergantung dari bagaimana manusia merancang, memanfaatkan, dan menerimanya. Kenyataan menunjukkan bahwa keberadaan komputer dapat memudahkan kerja manusia.

Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan computer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM dan sebagainya.


Komputer juga digunakan untuk proses akuntansi, analisis keuangan, neraca, laba rugi dan sebagainya. Di bidang perhotelan computer digunakan untuk menentukan jenis dan jumlah kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini masyarakat untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), apotek dan bermacam usaha kecil lainnya Di bidang penerbangan dan luar angkasa computer digunakan untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengendalikan panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Computer juga digunakan untuk mengendalikan pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.

Dalam bidang bisnis komputer berguna untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat tanpa harus menggunakan perhitungan manual. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan dan menghitung rugi labanya.

Kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dan praktis untuk dilakukan.

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun incidental dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya dengan cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris dan sebagainya.

Demikian sedikit ulasan Mengenai Manfaat Komputer Dalam Bidang Bisnis. semoga dapat bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar