Selasa, 22 Maret 2016

Hal-hal Yang Harus Ada Dalam Laporan Keuangan



Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan


Hal-hal yang Ditulis dalam Catatan Atas Laporan Keuangan

Di dalam sebuah catatan atas laporan keuangan, beberapa hal yang harus ditulis secara umum adalah sebagai berikut;


  • Ulasan umum tentang perusahaan yang bersangkutan
  • Ikhtisar yang menjelaskan tentang kebijakan akuntansi perusahaan
  • Menjelaskan semua hal pada setiap akun dalam laporan keuangan dan juga berbagai informasi lainnya.
  • Penjelasan tentang dasar yang diambil untuk menyusun laporan keuangan serta kebijakan akuntansi yang diberikan pada setiap transaksi dan peristiwa penting dalam keuangan perusahaan.
  • Laporan yang tidak tercantum dalam laporan keuangan tapi diwajibkan di dalam PSAK.
  • Berbagai informaski lainnya yang perlu disajikan dengan wajar tetapi tidak disajikan di dalam laporan keuangan.
  • Bagian-Bagian dari Catatan Atas Laporan Keuangan


Bagian Pertama; berisi tentang gambaran umum perusahaan yang terdiri dari beberapa hal seperti riwayat pendirian perusahaan, penawaran umum efek perusahaan, serta nama anggota direksi dan dewan komisaris dan jumlah karyawan perusahaan.

Bagian Kedua; ikhtisar kebijakan akuntansi yang mengungkapkan dasar yang digunakan untuk mengukur dan menyusun laporan keuangan serta kebijakan akuntansi terhadap setiap peristiwa dan transaksi penting dalam perusahaan.

Bagian Ketiga; Mengungkapkan akun-akun dalam laporan keuangan, seperti kas, investasi, wesel tagih, piutang usaha, persediaan, pajak dibayar dimuka, biaya dibayar dimuka, aset lancar, aset tetap dalam berbagai jenis, hutang usaha, hutang pajak, pinjaman jangka pendek, wesel bayar, pendapatan dimuka, dan segala informasi penting lainnya yang harus dirincikan tentang akuntasi perusahaan. Hal ini juga termasuk rekonsiliasi antara prinsip akuntansi di Indonesia yang berbeda dengan negara lain. Informasi semacam ini diperlukan oleh perusahaan tertentu yang akan menjalin kerja sama dengan perusahaan asing atau kepentingan lainnya. kursus komputer perkantoran

Dan masih terdapat banyak lagi informasi yang perlu diungkapkan di dalam catatan atas laporan keuangan perusahaan. Catatan itu harus dibuat terinci sesuai dengan akuntansi dan kebutuhan perusahaan. Pembuatan catatan atas laporan keuangan terlihat sederhana namun dapat menguras tenaga karena begitu detilnya rincian yang harus diungkapkan ke dalam catatan. Oleh karena itu, seorang akuntan harus jeli dalam membuat catatan ini agar semua hal yang perlu diungkapkan dapat tertulis sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Catatan atas laporan keuangan umumnya diperlukan oleh perusahaan yang harus mengungkapkan laporan keuangan secara terperinci hingga yang paling kecil. Diperlukan keahlian seorang akuntan professional untuk membuat catatan laporan keuangan semacam ini.

Demikian Mengenai Hal-hal Yang Harus Ada Dalam Laporan Keuangan. semoga dapat bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar