Senin, 30 Mei 2016

Fungsi Tombol Keyboard Yang Belum Banyak Orang Tahu



Fungsi tombol keyboard memiliki kegunaan yang berbeda beda. Pada dasarnya secara umum tombol keyboard berfungsi untuk memberikan input masukan pada komputer. Input yang diberikan bisa berupa karakter tulisan, angka, simbol dan lain lain yang kemudian akan diproses oleh cpu sehingga menghasilkan sebuah tampilan atau kerja tertentu dari komputer atau layar komputer atau laptop. Keyboard akan mengirim data elektrik ke cpu sehingga bisa diproses.


1. Ctrl + C atau Ctrl + Insert dan Ctrl + X

Tombol kombinasi ini memiliki fungsi untuk menyalin sebuah teks/kalimat baik dilembar kerja word dan berbagai aplikasi lainnya.

2. Ctrl + V atau Shift + Insert

Tombol kombinasi ini berfungsi untuk menempel (paste) kalimat yang sebelumnya sudah disalin (Copy).

3. Ctrl + Z and Ctrl + Y

Tombol kombinasi ini berfungsi untuk membatalkan perintah sebelumnya, misalnya sebelumnya kita memotong sebuah teks/gambar dan ingin membatalkannya maka kita hanya perlu menekan tombol Ctrl + Z untuk kembali ke awal.

4. Ctrl + F

Tombol ini berfungsi untuk mempermudah kita menemukan apa yang kita cari, misalnya saja kita mencari sebuah kata (Keyboard) maka kita tekan Ctrl + F dan tuliskan kata keyboard dan klik enter maka otomatis kata tersebut langsung muncul dengan sendirinya. Kita bisa menggunakan tombol kombinasi ini pada aplikasi word, pdf, browser, notepad, dan lainnya.

5. Alt + Tab atau Ctrl + Tab

Tombol kombinasi ini sangat berguna bagi anda yang biasa membuka banyak program ketika menggunakan komputer, pada saat anda ingin berpindah ke aplikasi lain anda hanya perlu menggunakan Alt + Tab atau Ctrl + Tab sehingga dengan cepat aplikasi akan berpindah.

Contohnya anda menggunakan word untuk mengetik disaat bersamaan anda juga membuka photoshop untuk editing foto, pada saat anda sedang ingin istirahat mengetik dan ingin beralih untuk editing foto, maka tombol kombinasi ini dapat membantu anda berpindah dengan cepat tanpa menggunakan mouse. private komputer online

6. Ctrl + Backspace

Tombol ini berfungsi untuk menghapus satu kata bukan setiap huruf.

7. Ctrl + S

Ketika anda sedang bekerja menggunakan sebuah lembar kerja misalnya word, Ctrl+S pasti sudah tidak asing lagi dan menjadi salah satu tombol kombinasi yang sangat sering digunakan. Tombol kombinasi ini berfungsi untuk menyimpan file.

8. Ctrl + Home atau Ctrl + End

Ctrl + Home berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal dokumen, dan Ctrl + End fungsinya untuk memindahkan kursor ke akhir dokumen. Tombol kombinasi ini sebagian besar berfungsi di berbagai macam lembar kerja/aplikasi.

9. Ctrl + P

Tombol kombinasi ini juga pasti sangat sering anda gunakan, Ctrl + P berfungsi untuk menampilkan print preview suatu lembar kerja. Bukan hanya di word, pdf, di browser pun bisa digunakan tombol kombinasi ini. kursus online ilmu komputer

Semoga informasi ini bisa menambah wawasana kita semua, dan tentunya bisa anda pergunakan untuk mempermudah pekerjaan anda nantinya.

10. Alt + F4

Tombol kombinasi ini sering juga digunakan, fungsinya untuk menutup suatu dokumen atau lembar kerja, misalnya saja anda sedang membuka sebuah dokumen dan ingin menutupnya, anda hanya perlu menekan Ctrl+F4 untuk langsung menutup dokumen tersebut tanpa harus mengklik tombol close (X).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar