Kamis, 09 Juni 2016

Mengetahui Perbedaan Bisnis Online dan Bisnis Offline



Pada masa sekarang ini dikenal 2 model bisnis, yakni bisnis offline dan bisnis online. Bisnis offline bisa dikatakan bisnis konvensional dengan sistem pemasaran langsung sementara bisnis online adalah bisnis yang memanfaatkan dunia maya alias internet.
Di antara kedua model bisnis ini secara umum masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk saling mendukung kelancaran bisnis tidak sedikit pelaku bisnis yang menjalankan kedua model bisnis ini, bisnis offline plus bisnis online.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat satu per satu perbedaan bisnis online dan offline :

1. Metode Pemasaran

Seperti kami sebutkan di atas bahwa metode pemasaran online adalah menggunakan sarana-sarana secara online baik yang gratis maupun berbayar sedangkan jika bisnis offline biasanya membuka toko fisik untuk menjajakan barang dagangannya dengan metode pemasaran secara konvensional. Jangkauan pemasaran untuk bisnis online hampir tidak ada batas di seluruh dunia namun jika bisnis online terbatas pada wilayah dimana bisnis offline berada. Biaya pemasaran online relatif murah bahkan bisa gratis jika mengetahui caranya sedangkan kegiatan promosi dan pemasaran secara offline sangat mahal.

2. Modal

Untuk set up awal bisnis online biayanya relatif kecil dibandingkan dengan bisnis offline kecuali untuk membuka bisnis online bersekala besar seperti tokopedia atau berniaga akan memerlukan modal yang cukup besar bahkan bisa juga jauh melebihi membuka bisnis offline. Namun dengan modal seadanyapun sebenarnya anda sudah bisa mulai bisnis online yang dapat menghasilkan uang.

3. Sistem kerja 24 jam karena internet non-stop

Anda bisa melakukan transaksi dan pelayanan pelanggan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, namun agar kita bisa ada waktu istirahat perlu dibuatkan waktu yang bijaksana untuk mengendalikan bisnis online. Jika bisnis offline tentunya tidak bisa 24 jam sehari tergantung dari lokasi dan biasanya 8 – 10 jam sehari.

4. Mudah dibuat dan cepat terwujud

Berhubung tidak memerlukan modal yang besar maka untuk memulai bisnis online sangat mudah dan cepat terwujud hanya tergantung tekat kita yang akan memulainya. Tapi karena mudahnya ini mengakibatkat tingkat persaingan cukup ketat sehingga sulit bagi pemula untuk tetap eksis di bisnis online.

5. Dapat dilakukan dengan paruh waktu

Apalagi untuk produk-produk yang menjual informasi dapat ditinggal dan uang bisa mengalir ke rekening kita jika informasi yang dijual sangat bermanfaat bagi pembeli. training bisnis online 

6. Biaya Operasional

Biaya operasional untuk bisnis online relatif murah jika dibandingkan dengan bisnis offline karena tidak terlalu banyak menggaji karyawan dan menyewa tempat.

7. Bisa berubah bisnis seketika

Jika anda sudah berhasil dengan bisnis online otomatis barang apa saja bisa didagangkan dan karena biaya murah maka secara otomatis seorang pebisnis online akan mudah membuat duplikasi bisnis maupun membuat bisnis online yang baru. Lain halnya dengan bisnis offline hal ini tidak mudah dilakukan karena biaya investasi awal sudah cukup besar sehingga sulit untuk pindah ke bisnis lain tanpa alasan yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar