Rabu, 22 Juni 2016

Tips Cara Supaya Wifi Mempunyai Jangkauan Luas/Jauh



Bagi kamu yang terbiasa mengakses internet menggunakan koneksi wifi pasti sering mengalami gangguan koneksi wifi. Masalah yang sering ditemui adalah koneksi internet yang tiba-tiba melambat atau lemot. Sinyal wifi yang diterima juga sering lemah alias tidak full hal tersebut dikarenakan jangkauan wifi yang Cuma beberapa meter saja. Jika kamu menggunakan koneksi wifi di rumah maupun di kantor maka jika sinyal yang kamu dapat sangat lemah hal tersebut bisa mempengaruhi kelancaran dalam berselancar di dunia maya. private komputer online 

Bagaimana supaya Jangkauan sebuah AP bisa jauh

  • Jika kita hanya menggunakan sebuah AP untuk melayani sebuah Area tertentu supaya hasil pancara maksimal ada beberapa cara untuk mengoptimalkan pacaran.
  • Gunakan AP yang berdaya cukup besar, dipasaran banyak AP yang memiliki daya antar 200 -600 mWatt. Beberapa AP murah yang memiliki daya besar tidak tahan digunakan untuk periode waktu yang lama. Pengaturan daya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, daya tidak harus selalu dimaksimalkan.
  • Tambahkan Antena sesuai pola pancar yang dikehendaki, misalkan Omnidirectional, Sectoral atau Directional.
  • Gunakan Antena dengan gain yang besar, namun ada yang perlu diperhatikan. Banyak Merk Antena ada yang murah memiliki Gain besar (namun prakteknya kurang bagus). Contoh Merk Antena yang sudah diakui adalah Hyperlink (L-com).
  • Posisikan AP + Antenna pada tempat yang pas (optimal) untuk bisa menjangkau area yang diharapkan. Dengan pertimbangan utama LoS dan pertimbangkan pola radiasi (pola pancar antena). belajar bisnis online
  • Bagaimana Solusinya supaya Jauh secara Luas Laptop
  • Lalu bagaimana supaya WiFi bisa diterima secara lansung dengan Laptop pada area yang luas, seperti kita menggunakan HP (dimana-mana da sinyal)? Dengan meilihat karakteristik WiFi ada hal yang tidak mungkin dilakukan untuk mengcover area yang luas hanya dengan sebuah WiFi AP.
  • Model yang (bagus) digunakan adalah Mesh Network yaitu menggunakan banyak AP yang diletakan secara tersebar sesuai cakupan yang diharapkan. AP-AP ini terhubung tanpa kabel,  menggunakan Wireless sebagai Link Utamanya. Model ini mirip dengan menaruh banyak BTS (Base Transmission Station). Namun adopsi teknologi Mesh saat ini sepertinya baru dimiliki oleh AP yang berherga mahal seperti Motorola (motoMesh)


Solusi yang mirip dengan Mesh Network adalah menggunakan AP dengan Mode Repeater (Universal Repeater) atau AP dengan Model WDS (Wireless Distribution System). Model ini lebih murah namun tidak sehandal Mesh Network, namun menurut saya sudah cukup untuk mengcover area yang luas asalkan di design dan di aplikasikan secara benar. Kursus komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar