Rabu, 06 Januari 2016

Perlengkapan yang harus ada dalam sebuah kantor

Perlengkapan kantor adalah istilah generik yang mengacu kepada semua perlengkapan yang umumnya digunakani kantor, perusahaan dan organisasi lainnya mulai dari perorangan sampai pemerintah, yang bekerja pengumpulan, perbaikan, dan keluaran informasi (dalam bahasa sehari-hari disebut dengan “kertas kerja”).

Istilah perlengkapan kantor ini meliputi barang-barang kecil yang digunakan sehari-hari seperti penjepit kertas, staples, pelubang kertas, bolpen dan kertas, tetapi juga mencakup perlengkapan mahal seperti komputer, printer, mesin faksimili, mesin foto kopi dan kas register, serta furnitur kantor seperti bilik, lemari arsip dan meja.

Pengertian Kantor
Secara etimologis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office” memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja.

Pengertian kantor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kantor dalam arti dinamis dan kantor dalam arti statis.

Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian/ pendistribusian data/informasi. Atau dapat dikatakan kantor dalam arti dinamis merupakan kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi dalam arti sempit

Sedangkan kantor dalam arti statis bisa berarti Ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instansi, lembaga, jawatan, badan, perusahaan, serta tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan penyampaian/pendistribusian data/informasi.


Daftar Beberapa peralatan yang harus ada dalam sebuah perkantoran:

1. Meja dan kursi - seperangkat peralatan kantor yang benar-benar wajib. Ada beberapa jenis meja kantor sesuai dengan fungsinya yakni meja untuk resepsionis, meja rapat, meja untuk tamu, meja computer anda, dan lainnya. Mengingat sebagian karyawan akan menghabiskan waktunya di sekitar peralatan ini, pastikan anda menyediakan anggaran yang cukup untuk mendapatkan yang nyaman.

2. Rak buku dan lemari - peralatan kantor yang hadir di semua ruangan. Jangan biarkan buku dan lemar dokumen penting lainnya berserakan atau tergabung tanpa ada klasifikasi yang jelas. Dengan rak, anda akan dengan mudah mengecek kembali perjanjian yang sudah lama dilakukan.

3. Printer dan computer - pusat semua informasi. Bukan hal aneh lagi kalau perusahaan besar sekalipun mempercayakan semua informasi dan data di sebuah computer "kecil". Tanpa peralatan kantor ini, anda harus kembali menggunakan kertas dan pulpen - bukan pilihan yang baik.

4. Fax and telepon - bukan saatnya birokrasi yang panjang dan berbelit-belit diterapkan pada kantor anda. Dengan fax, telepon, ditambah computer dan internet semua karyawan bisa saling terhubung tanpa memandang jabatan mereka. Lebih praktis dan cepat.

5. Pensil, kertas, pulpen serta kelengkapan peralatan alat tulis lainnya. Peralatan sepele ini juga masih sangat perlu untuk selalu dipersiapkan karena pulpen dan pensil ini sewaktu-waktu dapat dpergunakan guna menulis memo serta untuk menandatangani berkas-berkas.

6. Peralatan penunjang seperti VCD, Flash Disk, hard disk dan lainnya. Peralatan kantor ini dapat bermanfaat untuk membantu anda membuat back up data penting di perusahaan anda.

7. Kertas HVS dengan berbagai ukuran - mungkin ini bukan termasuk peralatan tetapi lebih ke perlengkapan. Tetapi tidak ada salahnya menyiapkannya juga untuk stock.

8. Mesin teknologi penunjang kerja seperti mesin fotokopi, absensi sidik jari, mesin pemotong kertas, mesin binding, proyektor, mesin hitung uang, dsb juga harus dilengkapi untuk performa perusahaan yang lebih baik.private microsoft office

Adakalanya, kantor menjadi rumah kedua bagi karyawan di perusahaan anda. Bagaimana tidak jam kerja kantor yang panjang dan terus menerus ditambah jadwal lembur sesekali, membuat kantor menjadi lebih multifungsi. Dengan peralatan kantor yang lengkap dan berkualitas tentu lembur bisa sangat dihindarkan karena kinerja karyawan bisa dioptimalkan. Oleh karena itu, pikirkanlah baik-baik peralatan kantor apa yang anda butuhkan untuk anda, perusahaan anda, dan karyawan anda.

Selamat mempelajari satu per satu peralatan kantor apa yang anda belum miliki. Daftar di atas , mungkin bisa membantu anda mengingat apa saja yang lupa untuk dibeli pada anggaran tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar