Rabu, 06 Januari 2016

Tips Menciptakan Kesan Pertama yang baik kepada Calon Konsumen



Tak sedikit orang yang kemungkinan tak suka dengan apa yang kita lakukan atau tentang sebuah bisnis. Namun ada juga yang pasti suka dengan apa yang kita lakukan atau dengan bisnis yang kita lakukan. Untuk membuat konsumen atau pelanggan suka dengan bisnis kita memang hal yang tidak mudah . Dengan begitu untuk mengatisipasi hal ini dibutuhkan sebuah kesan pertama yang baik terhadap para konsumen atau pembeli agar selalu tercipta interaksi yang baik.


  • Bertemu dengan pakaian rapi dan wangi
Pada dasarnya semua manusia suka dengan keindahan, kerapian dan tentu suasana yang nyaman. Ketika bertemu dengan konsumen, usahakan untuk tetap berpenampilan rapi, jangan pernah untuk tampil apa adanya. Karena kesan pertama bisnis kita dilihat dari bagaimana cara kita berpakaian. Tak perlu mewah, setidaknya rapi saja sudah sangat mewakili.
  • Senyum dan kontak mata
Jika ingin diingat oleh konsumen kita, usahakan selalu memberi senyuman setiap bertemu pertama kali. Cobalah untuk senyum didepan cermin, berilah senyuman terbaik dan usahakan untuk tetap kontak mata, walau sesekali ada gerakan tangan ketika menjelaskan sesuatu.
  • Jangan monoton, sesekali bahas di luar topik
Sebagai pemilik bisnis, kita harus smart, mengetahui topik-topik hangat sangatlah penting. Konsumen sangat suka ketika kita menceritakan hal baru yang mungkin mereka belum tahu. Pun ketika mereka sudah tahu, nanti akan timbul komunikasi yang aktif. Ini penting, karena setiap manusia pasti berinteraksi, dan dalam bisnis juga ini berlaku untuk komunikasi aktif tersebut. Jangan monoton, sesekali bahas sesuatu diluar dari topic pembahasan (baca: diluar bisnis).
  • Perhatikan gerakan dan ekspresi konsumen
Terkadang kita menghadapi konsumen yang cemberut, pasif dan maunya to the point, sebenarnya ada teknik tentang bagaimana membuat mereka menjadi “cair” dan bisa antusias dengan kita, yaitu dengan cara “mirroring” yaitu kita mengikuti gerakan mereka perlahan tapi tidak mencolok, kita harus paham ekspresi mereka, ketika mereka sudah menunjukan ekspresi menarik, cobalah untuk mengatur strategi untuk banyak bertanya tentang aktifitas kesehariannya atau tentang daerahnya, ini akan membantu mencairkan suasana.
  • Sesekali selingi dengan humor
Dalam menjalankan bisnis mbojosouvenir.net, saya selalu aktif mengajak konsumen saya untuk ngobrol seperti layaknya teman sendiri, mereka sangat suka diajak ngobrol. Tapi hati-hati, boleh kita untuk mengajak ngobrol hanya sesuaikan dengan waktu. Tetap perhatikan etika dalam berkomunikasi.
  • Jangan mendominasi
Komunikasi yang “sehat” itu terjadi jika ada feedback saat komunikasi terjadi. Usahakan untuk tetap mau mendengar ketika konsumen sudah menunjukan antusias berbicara atau menjelaskan sesuatu. Jangan pernah langsung memotong. Berilah sedikit anggukan kepala atau senyuman menandakan kita antusias.
  • Sesekali berikan konsumen hadiah atau sureprize
Memang iya, membutuhkan biaya lagi. Tapi untuk jangka panjang ini berpengaruh terhadap loyalnya seorang konsumen kepada kita. Sesekali berikan konsumen hadiah walau dia tidak menggunakan produk kita pada akhirnya. kursus online

Semoga tips tersebut dapat  memberikan manfaat bagi member dan semoga sukses!

1 komentar: