Senin, 14 Desember 2015

7 Perusahaan terkaya di dunia

Daftar perusahaan terbaik dunia bertajuk Worlds Most Admired Companies 2015. Riset yang dilakukan setiap tahunnya itu dinilai berdasarkan kesehatan keuangan dan performance saham dari perusahaan-perusahaan tersebut menurut Media ternama dunia Fortune .

Perusahaan  di peringkat nomor satu adalah Apple. Produsen gadget ini masih belum tergantikan sebagai perusahaan terbaik di dunia versi Fortune. Selanjutnya terdapat dua perusahaan lainnya, yakni Google dan Berkshire Hathaway.

7 perusahaan dunia terbaik tahun 2015, menurut Fortune:

1. Apple
Perusahaan ini sejak tahun lalu memang sudah menduduki peringkat pertama. Bahkan telah menduduki posisi puncak sejak delapan tahun berturut-turut. Pada Februari, Apple menjadi perusahaan pertama yang mencapai market value sebesar USD700 miliar. Selain itu Apple juga mencatatkan rekor penjualan smartphone pada bulan Januari dengan jumlah penjualan sebanyak 74,5 juta ponsel dalam waktu tiga bulan terakhir. Hal itu membuktikan bahwa iPhone masih merupakan produk smartphone yang sulit untuk dikalahkan.

2. Google
Pada tahun ini peringkat Google naik dari posisi kedua menduduki posisi ketiga. Keberhasilan Google tercatat dari total pendapatan dari iklan yang mencapai USD66 miliar pada tahun lalu. Perusahaan ini berada di garis depan dalam inovasi, meskipun pada bulan Februari dinyatakan keefektifan Google Glass gagal. Namun perusahaan ini terus memajukan penelitian pada mobil self-driving dan terus mengembangkan Google Fiber.

3. Berkshire Hathaway
Sejak dipimpin oleh "Oracle of Omaha" Warren Buffett, Berkshire Hathaway bergerak naik menduduki posisi ketiga, setelah tahun lalu menempati posisi keempat. Perusahaan yang bergerak dalam ranah Insurance Property and Casualty asal Amerika ini memiliki investasi dalam berbagai hal, mulai dari rel kereta api, kartu kredit hingga Heinz Ketchup. Pada bulan Maret tahun lalu perusahaan ini mencapai kapitalisasi pasar sebesar USD300 miliar untuk pertama kalinya.

4. Amazon.com
Perusahaan toko online atau e-commerce raksasa asal Amerika ini turun peringkat. Tahun lalu Amazon tercatat menduduki posisi kedua. Kendati demikian perusahaan ini masih meraih pendapatan bersih sebesar USD88,8 miliar. Pendapatan tersebut selain dari penjualan produk, juga dari kesuksesan program televisi drama komedi Transparent yang diproduksi oleh Amazon Studios. Program tersebut juga berhasil meraih penghargaan dari Golden Globe.

5. Starbucks

Starbucks tahun ini kembali menduduki posisi kelima. Perusahaan yang menjajakan produk utama kopi tersebut telah beroperasi di 66 negara berbeda dengan total 22 ribu gerai. Meskipun tercatat pada peringkat kelima, namun Starbucks tercatat sebagai perusahaan terbaik di industrinya.

6. Walt Disney
Peringkat Walt Disney tahun ini naik tingkat dengan menduduki posisi keenam, setelah tahun kemarin berada di posisi ketujuh. CEO Bob Iger terus memfokuskan pada tingkat tinggi eksperimentasi. Teknologi inovatif seperti MagicBrands yang dapat digunakan di Disney World sebagai tiket masuk dan dapat membeli berbagai macam barang di dalamnya. Pada tahun lalu, perusahaan ini juga berhasil menyebarkan virus mobile game Tsum Tsum dengan 21 juta download.

7. Southwest Airlines

Perusahaan penerbangan asal Amerika ini berhasil naik peringkat menjadi ke posisi tujuh setelah tahun lalu berada di posisis sembilan. Sejak tahun lalu Southwest Airlines meraih keuntungan berkat penghematan besar pada bahan bakar. Perusahaan ini berhasil meraih keuntungan tahun pertama Karibia lebih dari USD1 miliar. kursus komputer murah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar