Senin, 14 Desember 2015

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar



Beberapa orang mungkin masih banyak yang kebingungan dan bahkan tidak tahu sama sekali cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar itu bagaimana. Terutama bagi yang baru lulus SMA ataupun SMK ajaran tahun ini. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda tidak usah gelisah karena kali ini saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

-Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Cara membuat surat lamaran yang benar pertama dengan memperhatikan penggunaan bahasa. Dalam penggunaan bahasa, usahakan seformal mungkin dengan pilihan kata baku jika surat lamaran tersebut dituliskan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sementara untuk perusahaan besar yang mengirimkan lowongan dengan bahasa Inggris, Anda perlu menuliskan surat lamaran menggunakan bahasa Inggris dengan memperhatikan Grammar atau tata bahasa yang baik.



-Menulis dengan Kalimat yang Sopan

Cara berikutnya adalah dengan menulis kalimat dengan sopan. Untuk poin yang satu ini sebaiknya menghindari penulisan kalimat yang menyombongkan diri. Di samping itu hindari kalimat yang bersifat berlebihan. Tulis kalimat apa adanya sesuai dengan yang dibutuhkan dengan mengawali kata “Dengan Hormat” terlebih dahulu.

-Menuliskan Dengan rapi

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar berikutnya adalah dengan menuliskan rapi dalam arti memperhatikan rata kanan dan kiri (jika proses penulisan dengan cara diketik). Penulisan yang rapi akan terlihat menarik enak untuk dilihat dan dibaca. Selain itu gunakan font dan juga ukuran font yang benar. Misal saja font menggunakan “Times New Roman” dan ukuran font paling tidak 12. Penambahan garis pada header dan footer juga dapat Anda berikan untuk mempercantik lamaran, asalkan tidak berlebihan. fungsi  microsoft dalam sebuah perkantoran

-Menyiapkan dan Melengkapi Syarat dari Perusahaan

Cara yang keempat adalah dengan menyiapkan semua perlengkapan yang menjadi syarat masuk perusahaan yang Anda lamar. Siapkan terlebih dahulu syarat apa yang diminta oleh perusahaan tersebut. Selain itu tulis lampiran apa saja yang Anda berikan untuk lamaran tersebut. Sebagai contoh Anda melampirkan foto copy ijazah, daftar riwayat hidup, pas photo, transkip nilai, atau juga foto copy sertifikat kursus untuk nilai plus.

Demikianlah  pembahasan mengenai beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Jika Anda memiliki sertfikat kursus atau pelatihan yang masih berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar, boleh saja ikut dilampirkan, sehingga membuat pihak HRD mempertimbangkan Anda. terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar