Senin, 14 Desember 2015

tugas seorang Admin Marketing dalam sebuah Perusahaan

     Setiap bagian perusahaan memiliki fungsi masing-masing. Meskipun secara umum, tujuan dari setiap bagian tersebut adalah untuk kemajuan perusahaan. Namun secara spesifik, ada beberapa fungsi yang harus dicapai oleh setiap perusahaan. Untuk Tugas Marketing, ada beberapa hal yang menjadi fungsi dari bagian tersebut, yaitu sebagai berikut :
  1. Peran sebagai promosi : sebagai bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut.
  2. Peran sebagai sales : pemasaran yang bertugas menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut.
  3. Peran dalam konsep komunikasi pemasaran : organisasi pemasaran berperan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjembatani antara perusahaan dan lingkungan eksternal.
  4. Peran dalam bidang pengembangan dan riset : pemasaram memiliki tugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk.

Proses Pemasaran

1. Menentukan misi perusahaan
Hal yang pertama dari setiap Tugas Marketing adalah penentuan misi perusahaan. Pernyataan misi didasarkan pada analisis yang cermat tentang manfaat yang diinginkan oleh pelanggan yang ada saat ini maupun calon pelanggan dan analisis terhadap kondisi lingkungan yang ada. Pernyataan misi seharusnya berfokus pada pasar yang ingin dilayani oleh perusahaan dan bukannya berfokus pada produk yang ditawarkan.
2. Menentukan tujuan dan sasaran
Sebelum rincian pemasaran dibuat, tujuan dan sasaran dalam rencana pemasaran harus ditetapkan.  Tanpa sasaran, tidak akan ada dasar untuk pengukuran keberhasilan suatu kegiatan rencana pemasaran. Penetapan sasaran harus memenuhi beberapa kriteria yaitu sasaran harus realistis, dapat diukur dan berjangka waktu serta sasaran harus konsisten.
3. Menentukan situasi atau analisis SWOT
Sebelum melakukan aktivitas pemasaran, para pemasar harus memahami lingkungan yang ada pada saat ini maupun lingkungan dimana suatu produk dan jasa yang akan dipasarkan. Analisis dalam situasi ini biasanya disebut analisis SWOT, dalam hal ini perusahaan harus mengidentifikasikan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Secara internal, lingkungan perusahaan memperhatikan masalah-masalah seperti loyalitas kerja, sentralisasi dalam pengambilan keputusan, kriteria promosi dan teknik pemecahan masalah. Sedangkan secara eksternal, lingkungan perusahaan diungkapkan perusahaan melalui cara dalam beraksi terhadap masalah dan peluang. hal-hal yang menyebabkan perusahaan bangkrut
4. Membuat strategi pemasaran (pasar yang dituju dan bauran pemasaran)
Strategi pemasaran meliputi kegiatan menyeleksi beberapa target pasar, mengembangkan dan memelihara bauran pemasaran yang akan menghasilkan kepuasan bersama dengan pasar yang dituju. Strategi pemasaran yang dituju adalah mengelompokkan segmen-segmen pasar yang akan dilayani, dimana perusahaan dapat menentukan satu atau lebih segmen sebagai sasaran pemasaran. Sedangkan bauran pemasaran mencakup pada strategi produk (product), distribusi promosi (promotion), penentuan harga (price) dan tempat (place) biasa disebut dengan 4P di mana yang akan dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang ditujukan. trainer internet marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar