Senin, 14 Desember 2015

apa itu teknik informatika?


Seorang lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka jugalah yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, saat ini kita sudah mengenal baik fasilitas Internet dan World Wide Web, yang tidak akan terwujud tanpa kemajuan di sub-bidang ilmu komputer seperti jaringan komputer (computer networking), basis data (database), serta interaksi manusia komputer. Saat ini, ilmuwan komputer menggunakan teknologi komputer untuk pengembangan robot yang 
cerdas, pemodelan DNA manusia, serta pembuatan program yang dapat memahami berbagai data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video. 

Teknik Informatika  merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.
Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan merawat infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi. Jadi dalam hal ini kamu harus menyukai pelajaran matematika karena dalam proses belajarnya yang lebih memakai logika.

Apa Yang Dipelajari Di Teknik Informatika ?

Sebenarnya yang dipelajari di Teknik Informatika , Sistem Informasi, dan Teknik Komputer tidak jauh beda, namun beda penekanannya aja. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Seperti dijelaskan diatas, Teknik Informatika lebih concern ke Pemrograman dan Komputasi.

Pada semester awal biasanya diajarkan bahasa pemrograman PASCAL, kemudian HTML, JAVA, C, C++, VB, PHP, CSS.

Trus kemudian Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Arsitektur dan Jaringan Komputer juga termasuk yang diajarkan namun porsinya lebih sedikit.

Walaupun sama nama jurusannya, kalo beda kampus biasanya juga beda mata kuliahnya.Lebih lengkapnya silakan buka web kampus yang kamu inginkan dan lihat mata kuliahnya. Misal di ilmu komputer IPB lebih concern ke pengembangan pertanian dengan riset komputasi sedangkan ilmu komputer UI beda lagi, UGM beda lagi. Begitu juga Teknik Informatika  ITS dan Teknik Informatika  ITB,  juga ada beberapa mata kuliah yang berbeda, walaupun secara umum sama.
 kursus komputer bersertifikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar