Senin, 21 Desember 2015

perbedaan akuntansi manajement dan akuntansi keuangan


Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyajikan sebuah informasi keuangan perusahaan bagi pengguna yang berada di luar perusahaan (pihak eksternal), misalnya para pemegang saham, kreditur, karyawan, analis keuangan, pemerintah (instansi pemerintah, dirjen pajak) serta yang lainnya.

sedangkan Akuntansi Manajemen memfokuskan diri dalam menyediakan informasi keuangan untuk keperluan pihak manajemen atau pihak internal perusahaan. Informasi yang dihasilkan akuntansi manajemen diharapkan bisa memberikan manfaat bagi manajemen (pihak internal perusahaan) sebagai bahan pertimbangan yang bisa mendukung dalam pengambilan sebuah perusahaan.



Kedua hal tersebut merupakan sistem pengolahan sistem akuntansi yang sama – sama menghasilkan laporan yang dapat digunakan oleh pihak – pihak tertentu, akan tetapi kedua hal tersebut memiliki perbedaan antara lain:


  1. Pengguna laporan. Laporan akuntansi keuangan digunakan oleh manajer puncak perusahaan ataupun pemegang saham, serta pihak – pihak eksternal lainnya seperti kreditor, pemasok, atau pemerintah. Sementara laporan akuntansi manajemen digunakan oleh manajer atau manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis.
  2. Laporan yang disajikan. Laporan yang disajikan dalam akuntansi keuangan merupakan laporan keuangan pada umumnya seperti: Neraca, Laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Sementara laporan yang disajikan dalam akuntansi manajemen lebih bersifat rahasia dan berhubungan dengan internal perusahaan seperti: Laporan cost, Laporan gaji, Laporan marjin, dan laporan kapasitas.
  3. Lingkup informasi. Informasi yang disajikan dalam akuntansi keuangan meliputi aktivitas perusahaan secara keseluruhan, sementara dalam akuntansi manajemen informasi yang disajikan terfraksi secara detail pada bagian – bagian tertentu dari perusahaan.
  4. Fokus informasi. Informasi yang disajikan dalam akuntansi keuangan merupakan hasil aktivitas akuntansi dari periode sebelumnya, sementara informasi yang disajikan akuntansi manajemen berupa proyeksi untuk jangka waktu yang akan datang.
  5. Rentang waktu. Penyajian laporan akuntansi keuangan dilakukan pada periode tertentu yang bersifat teratur seperti bulanan, triwulan, atau tahunan. Pada akuntansi manajemen, penyajian laporan tidak memiliki periode akuntansi tertentu dan dapat dilakukan kapan saja jika dibutukan oleh manajemen perusahaan untuk pengambilan keputusan.
  6. Kriteria bagi informasi akuntasi. Informasi yang disajikan oleh akuntansi keuangan dibuat berdasarkan pedoman – pedoman yang berlaku. Sementara informasi oleh akuntansi manajemen tidak harus memiliki kriteria – kriteria tertentu karena lebih bersifat untuk konsumsi internal. ilmu komputer

semoga apa yang saya berikan bermanfaat bagi semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar