Senin, 14 Desember 2015

Tips menjadi teknisi komputer sukses


Panduan menjadi teknisi komputer profesional sukses.  Untuk menjadi teknisi komputer yang sukses tentu harus menjadi teknisi komputer professional terlebih dahulu. Nah apa saja syarat untuk menjadi teknisi komputer profesional?

Teknisi komputer profesional harus memiliki  :

1. Pengetahuan Ilmu Teknisi Komputer

Syarat peratma yang harus dimiliki oleh seorang teknisi komputer adalah pengetahuan, baik itu secPanduan Menjadi Teknisi Komputer Professional Sukses secara teori maupun praktik. Teori yaitu berkaitan dengan ilmu pengetahuan umum tentang komputer baik hardware maupun software yang tentunya didalamnya anda harus memperkaya tentang pengetahuan istilah-istilah teknologi komputer. Sehingga ketika sedang berbicara tentang komputer kelihatan lebih elegan.

Pengetahuan ilmu praktik teknisi komputer yaitu ilmu yang mebahas secara pkratis bagaiman cara memperbaiki atau sevis komputer. Pengetahuan ini akan berkatin dengan pengetahuan elektronik dasar, pengetahuan listrik dasar, pengetahuan hardware komputer yang meliputi pengenalan sampai dengan trouble shooting problem. Untuk mendapatkan pengetahuan ini, anda bisa mendapatkannya di internet, asal anda rajin aja mencari dan mengkoleksi artikel-artikel yang membahas teknik memperbaiki komputer. Namun saya rekomendasikan kepada anda untuk memiliki koleksi ebook teknisi komputer dari Qbonk Media Group. Ebook teknisi komputer dari QMG benar-benar lengkap dan sudah dibagi-bagi ke dalam seri-seri buku.
- Ebook Teknisi Komputer
- Ebook Teknisi Laptop
- Ebook Teknisi Jaringan Komputer
- Ebook Teknisi Monitor CRT
- Ebook Teknisi Monitor LCD
- Ebook Panduan Servis HDD
- Ebook Panduan Servis Printer
- Ebook Panduan Servis Mothorboard


2. Memiliki Pengalaman Menjadi Teknisi Komputer

Untuk menjadi teknisi komputer freelance atau teknisi komputer panggilan, tidak membutuhkan syarat khusus untuk menunjukkan bahwa anda sudah berpengalaman. Namun anda harus bertanggung jawab dengan pekerjaan anda. Ada baiknya anda lakukan dulu berbagai trial and error terhadap komputer atau laptop anda, sehingga ketika mendapat penggilan untuk memperbaiki komputer ataupun laptop anda sudah memiliki

bekal cukup. Jadi, saran saya segalam ilmu yang anda dapat dari ebook teknisi komputer di atas langsung dipraktikkan. Jangan hanya dibaca saja, karena untuk menjadi teknisi komputer tidak cuku hanya dengan membaca.

3. Memiliki Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan seorang teknisi komputer tidak harus selengkap tukang servis elektronik. Cukup anda memiliki :
- obeng min dan plus
- test pen
- multi tester/ avo meter
- tang biasa dan tang potong
- tang kroping (kalau memerlukan)
- kuas 5cm
- dll
Bahkan kalau hanya untuk memperbaiki komputer rumahan cukup membawa tang, kuas 5cm dan software secukupnya sudah bisa langsung beraksi.

Nah itu adalah peralatan sederhana yang harus kita miliki, kemudian perlengkapan apa saja yang harus kita miliki. Tentu kita harus memiliki software-software installer.
- System Operasi
- sofware aplikasi (office, multimedia, drawing, internet, dll)
- anti virus (saya sarankan AVG dan ESET NOD)
- driver-driver

 Berikutnya adalah tips sukses menjadi teknisi komputer. Tips ini cocok bagi anda yang masih menjalani teknisi komputer panggilan maupun yang sudah memiliki tempat praktik.

1. Jalin hubungan baik dengan semua pihak
Ini adalah awal sukses anda menjadi teknisi komputer. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak dan memperkenalkan dengan elegan bahwa anda adalah seorang teknisi komputer, maka profesi anda akan dikenal oleh banyak orang.

2. Susun urutan kerja berdasarkan order
Artinya anda harus mendahulukan order yang lebih dulu anda terima, meskipun terkadang mungkin orang yang lebih dulu memanggil atau datang ke tempat anda bukan oarng yang dekat dengan anda. Dengan cara ini semua orang akan merasa dihargai

3. Utamakan kejujuran
Jujur adalah modal paling utama dalam mendorong karir apapun. Jangan pernah mengada-ada kerusakan. Kalau memang kerusakan sederhana dan tidak memerlukan perbaikan yang rumit, maka katakanlah sejujurnya. Kalau perlu tidak perlu meminta bayaran, atau bahkan menolak ketika klien ingin memberikan bayaran. Dengan cara ini  orang akan simpati kepada anda, dan saya yakin justru mereka akan memberi lebih suatu ketika nanti.

4. Tanyakan keadaan komputer klien
Setelah sekian lama anda memberikan pelayanan perbaikan, coba anda hubungi klien anda dan tanyakan apakah komputernya baik-baik saja. Jangan malah takut ketika klien ingin menelpon anda.

5. Sharing sedikit ilmu
Jangan terlalu pelit dengan ilmu. Ketika klien anda menanyakan tentang sesatu berkaitan dengan kendala operasional komputer, maka silakan jelaskan dengan penuh keterbukaan. Dengan cara ini kline akan sangat menghargai anda. tips merakit komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar