Kamis, 31 Desember 2015

Tugas Administrasi Keuangan


Administrasi Keuangan Adalah kegiatan yang berkenaan dengan pencatatan, penggolongan, pengolahan, penyimpanan, pengarsipan terhadap seluruh kekayaan Negara termasuk di dalamnya hak dan kewajiban yang timbul  baik kekayaan itu berada dalam pengelolaan bank-bank pemerintah, yayasan-yayasan pemerintah, dengan status hokum public ataupun privat, badan-badan usaha Negara dan badan-badan usaha lainnya dimana pemerintah mempunyai kepentingan khusus serta terikat dalam perjanjian dengan penyertaan pemerintah ataupun penunjukkan pemerintah.

Berikut tugas-tugas dari administrasi keuangan:

  1. Staff keuangan disini bertugas melaksanakan kegiatan administrasi keuangan perusahaan (jurnal entry sampai dengan arsip dokumen) untuk menjamin kelancaran, keakuratan dan ketertiban administrasi keuangan perusahaan.Kerja menjadi Staf Keuangan tentunya sangat mengiurkan karena bisa di bilang kerja di daerah yang basah, tetapi disinilah tanggung jawab dan didikasi yang tinggi kita di pertaruhkan karena kepercayaan dan kedisiplinan kita di utamakan disini.
  2. Dan tanggung jawab sebagai staff keuangan pun begitu banyak seperti :
  3. Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota supplier, laporan AP/AR untuk memastikan status hutang/piutang.
  4. Membuat , mencetak tagihan dan surat tagihan untuk memastikan tagihan terkirim kepada pelanggan dengan benar dan tepat waktu.
  5. Menerima, memeriksa tagihan dari vendor dan membuat rekapnya untuk memastikan pembayaran terkirim tepat waktu.
  6. Memeriksa rangkuman kas kecil untuk memastikan penggunaan dan ketersediaan kas kecil yang efektif.
  7. Menginput penerimaan pembayaran dari pelanggan, dan pembayaran ke supplier dengan tepat waktu dan akurat untuk memastikan ketepatan waktu dan keakuratan penerimaan maupun pembayaran.
  8. Memeriksa laporan rekonsiliasi untuk memastikan data terinput dengan benar.
  9. Mengarsip seluruh dokumen transaksi untuk menjaga ketertiban administrasi dan memudahkan penelusuran dokumen. les private online
  10. Melakukan stock opname setiap akhir bulan untuk melihat ada/tidaknya selisih jumlah barang di gudang dan catatan di keuangan.
  11. .Mengagendakan Surat Masuk dan Surat Keluar.
  12. .Mengarsip Surat Masuk dan Surat Keluar.
  13. Membantu pengelolaan Kas Kecil.
  14. .Mempersiapkan Seminar/Pertemuan Ilmiah rutin/Diskusi  yang diselenggarakan LPPM (mencari ruangan, mengurus snack/konsumsi dan penerima tamu).
  15. .Mendata karya ilmiah yang diterima LPPM
  16. .Menyiapkan rapat-rapat di LPPM (konfirmasi ke peserta rapat dan konsumsi)
  17. Mengurus Pelatihan/seminar/diskusi yang diadakan LPPM (mencari ruangan, mengurus snack/konsumsi dan penerima tamu)
  18. Memonitor kebutuhan-kebutuhan Rumah Tangga dan ATK LPPM
  19. Menjadwalkan kegiatan Ketua LPPM
  20. Menangani pengiriman Kartu Ucapan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru untuk relasi-relasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar