Kamis, 31 Desember 2015

hal-hal yang harus di pelajari dalam perkantoran


Berikut beberapa perangkat yang harus di pelajari lebih detail dalam sebuah perkantoran:

1. Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata  (word processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk xenix , versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS , dan Microsoft Windows 1989 . Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office system 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. yakni belajar  bagaimana memisahkan antara halaman cover dengan halaman kata pengantar, dan halaman daftar isi dengan isi pembahasan tanpa harus menggabungkan No.halamannya (dipisahkan). dan bagaiamana cara membuat daftar isi dengan cepat .

 2. Microsoft excel

Rumus-rumus yang dapat digunakan dalam fungsi bantu statistik ms.excel adalah


    • MAX (Range)                                                                                                                         Digunakan untuk mencari nilai terbesar dalam cell-cell yang ada . Cara penggunaannya adalah seperti =max(e3:e5) . Maka akan dikatahui nilai terbesar diantara cell-cell tersebut .
    • MIN (Range)                                                                                                                                  Digunakan untuk mencari nilai terkecil pada cell-cell yang ada . Cara pengunaannya adalah seperti =min(e6:e8) . Maka akan diketahui nilai terkecil yang terdapat diantara cell-cell berikut.
    • SUM (Range)                                                                                                                             Digunakan untuk mencari jumlah dari isi data yang terdapat dalam beberapa cell . Cara penggunaannya adalah seperti =sum(d10:d13) . Maka akan diketahui jumlah dari data-data yang ada di cell-cell .
    • AVERAGE (Range)                                                                                                                   Digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa cell .Cara penggunaannya adalah seperti =average(b10:b15) . Maka akan diketeahui jumlah rata-rata dari cell-cell yang terpilih 
    • COUNT (Range)                                                                                                                       Digunakan untuk mencari jumlah data yang terdapat dalam cell-cell yang ada . Cara penggunaannya adalah seperti =count(d5:d9) . Maka akan diketahui jumlah data dari cell-cel yang terpilih .


3. Pengenalan Internet

Internet adalah  suatu tempat wahana informasi bagi para penggunanya, dan semuanya disana banyak informasi yang kita inginkan. Selain tempat informasi, internet juga bisa tempat Games Online, Blogger, dll

4. Virus

  •  Pengertian Virus

Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.


  Jenis dan Varian Virus Komputer                                                                                                                                                                                                                                              

Trojan

Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri. Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.                                                                                                             Backdoor
Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
Spyware
Virus yang memantau komputer yang terinfeksi. Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan. Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi / application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.
Worm
Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
Rogue
Merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
Rootkit
Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.


5. Website

Perkembangan web terdiri dari:

Web 1.0
Web ini muncul pada tahun 1995-2000-an, sifatnya satu arah atau disebut dengan membaca, harus tahu bahasa programannya

web 2.0
Web ini muncul pada tahun 2000, muncul pertama kalinya friendster pada tahun 2004, my space, facebook, twitter, dan blogging (pembaca dan penulis). sifat web ini dua arah, dan saling interaksi antra satu dengan yang lain dan mesti tahu bahasa programannya.

Web 3.0
Generasi terbaru yang dibuat oleh para ahli dalam sebuah web, dengan mempunyai ciri-ciri: semua alat elektronik dapat terhubung atau terkoneksi dengan internet, ex: tombol otomatis untuk membuka pintu mobil, rumah, dll. syarat buat web ini harus tahu bahasa programannya, contoh di negaranya: Jepang telah membuat robot pembantu rumah tangga dan  robot pengemis. Tapi, web ini ada kekurangan dan kelebihannya. kekurangannya adalah menjauhkan orang yang terdekat dan mendekatkan orang yang terjauh, susah bersosialisasi dengan dunia nyata/Real.


6. Blog WordPress

WordPress adalah salah satu dari bermacam-macam mesin blog yang ada di internet. Blog dengan platform wordpress bisa didapatkan dengan gratis. Cara buat blog di wordpress pun cukup mudah. Walaupun bisa didapat dengan gratis namun blog wordpress mempunyai banyak kelebihan. Kelebihan blog wordpress antara lain sangat bersahabat dengan search engine, mudah untuk ditingkatkan kemampuan blog tersebut atau diubah fungsinya dengan menambahkan berbagai macam plugin. Anda bisa membuat blog wordpress dengan hosting dan domain sendiri. Apa itu hosting dan domain? Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file sedangkan domain sebagai alamat blog. kursus komputer online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar